Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumatera

150 Calon Haji Simalungun Berangkat ke Makkah

260
×

150 Calon Haji Simalungun Berangkat ke Makkah

Sebarkan artikel ini
Wabup Zonny Waldi menyerahkan bendera Simalungun kepada calon haji yang akan berangkat ke Mekah.(ist)
Example 468x60

SIMALUNGUN, kiprahkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, memberangkatkan 150 Jamaah Calon Haji (Calhaj) ke Tanah Suci Makkah pada musim haji Tahun 1445 H/2024 M.

Jamaah Calhaj asal Kabupaten Simalungun ini diberangkatkan oleh Bupati Simalungun yang diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi, dari Masjid Asy Syuhada Korem 022/PT Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumatera Utara.

Pemberangkatan ini ditandai dengan penyerahan pataka Kabupaten Simalungun pada Sabtu (1/6/2024). Acara pemberangkatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Simalungun H. Ki Dardjat Purba, dan dilanjutkan dengan Talbiah yang dibawakan oleh grup Al-Huda serta diikuti oleh jamaah Calhaj.

Sebelum menuju Makkah, para jamaah beristirahat di Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, dan bertolak ke Makkah pada Ahad (2/6) malam , melalui Embarkasi Medan di Bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA).

Jamaah Calhaj Kabupaten Simalungun, yang dibagi dalam 4 rombongan, akan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 bersama dengan jamaah Calhaj Kota Medan.

READ  Warga Jepang Sedang Dievakuasi Menghindari Tsunami Besar

Dalam memberangkatkan jamaah Calhaj tersebut, Wakil Bupati didampingi oleh unsur Forkopimda, Asisten Ekbang Ramadhani Purba, Asisten Administrasi Umum Akmal H. Siregar, sejumlah pimpinan perangkat daerah, Kakan Kemenag Ahmad Sofian, serta disaksikan oleh para tamu dan undangan.

Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun, H. Ahmad Sofian, melaporkan bahwa jumlah jamaah Calhaj asal Kabupaten Simalungun sebanyak 150 orang yang terdiri dari 58 pria dan 92 wanita.

“Jaga kesehatan fisik, jangan banyak kegiatan sampai puncak pelaksanaan ibadah haji, jaga kekompakan dan jaga nama baik Kabupaten Simalungun,” pesan Ahmad, sebagaimana diberitakan Dinas Kominfo Simalungun yang diakses Selasa (4/6).

Jamaah Calhaj Simalungun tertua adalah pria bernama Tomen bin Paimen (77 tahun) asal Kecamatan Raya, sedangkan yang termuda adalah pria bernama Domma bin Alan (31 tahun) asal Kecamatan Gunung Maligas.

Sementara itu, jamaah Calhaj wanita tertua adalah Tuginem binti Paimen (85 tahun) asal Kecamatan Tanah Jawa dan yang termuda adalah Widya Anggreini Tanjung binti Aswin Tanjung (20 tahun) asal Kecamatan Siantar.

READ  Putra Putri Pabasko Berkesempatan Mendaftar Masuk Polri

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menekankan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang sakral. “Wujudkanlah nantinya sesuai dengan rukun dan sunnah pelaksanaan ibadah haji,” pinta Wakil Bupati.

Selanjutnya, Wakil Bupati menghimbau kepada jamaah Calhaj agar menjaga kesehatan dan menjaga nama baik Tanoh Habonaron Do Bona. “Lakukanlah itu, karena bapak ibu merupakan cerminan dari Simalungun,” katanya.

“Tidak semua orang dapat berangkat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Harapan kami berangkat 150 dan pulang dengan jumlah yang utuh,” tambahnya.

Wabup Zonny Waldi juga meminta kepada jamaah Calhaj agar mengikhlaskan apa yang ditinggalkan di tanah air. “Kami akan monitor itu melalui pihak kecamatan,” sebut Wakil Bupati.

“Do’akan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Simalungun dalam keadaan baik. Apalagi kita akan melaksanakan pilkada, do’akan agar semua berjalan dengan baik,” tutup Wakil Bupati.(*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *