Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITANasionalPOLITIK

Afifuddin jadi Plt Ketua KPU

344
×

Afifuddin jadi Plt Ketua KPU

Sebarkan artikel ini
Foto dari infopublik.id
Example 468x60

JAKARTA, potretkita.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menunjuk Mochammad Afifuddin, anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU RI menggantikan Hasyim Asy’ari.

Keputusan ini diambil setelah Hasyim Asy’ari dijatuhkan sanksi pemberhentian oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Sebagai Plt Ketua KPU RI mulai hari ini sekitar pukul 11.30 WIB,” ujar Afifuddin melalui keterangan resmi, Kamis (4/7/2024), setelah rapat pleno tertutup di Kantor KPU RI, Jakarta.

Afifuddin menegaskan, penunjukan ini sesuai dengan kesepakatan antaranggota KPU, dan tidak ada perbedaan sikap dalam menentukan pengganti Hasyim.

“Hasyim sudah tidak lagi menjabat sebagai Ketua KPU RI sesuai dengan Sidang Putusan Nomor Perkara 90-PKE-DKPP/V/2024 yang dibacakan pada Rabu (3/7/2024),” tambahnya.

READ  Operasi Ketupat 2024 Berhasil, Kapolres Langsung ke Lapangan

Meskipun Surat Keputusan (SK) Keputusan Presiden belum dikeluarkan, KPU mengikuti mekanisme organisasi untuk menunjuk Plt KPU RI dalam waktu 1×24 jam setelah pembacaan putusan DKPP.

“Kami telah mematuhi aturan yang berlaku dan menganggap waktu pembacaan putusan DKPP kemarin sudah mendekati 24 jam,” jelas Afifuddin.

Sebelumnya, DKPP RI menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap terhadap Hasyim Asy’ari terkait kasus dugaan asusila, dan meminta Presiden RI untuk menggantinya dalam waktu tujuh hari sejak pembacaan putusan.

Afifuddin juga menyebutkan bahwa Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akan mengawasi pelaksanaan putusan tersebut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(infopublik)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *