Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Berbagai Upaya Dilakukan untuk Percepatan Penurunan Stunting

83
×

Berbagai Upaya Dilakukan untuk Percepatan Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi percepatan penanganan stunting.(ist)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Pemerintah Kota Padang berkomitmen untuk mempercepat penurunan angka stunting di wilayahnya.

Melalui program Intervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS), telah ditemukan sebanyak 1.598 balita yang mengalami stunting di Kota Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Srikurnia Yati menjelaskan, upaya pemerintah kota dalam menurunkan angka stunting terus digencarkan.

Salah satu upaya tersebut dimulai dari pencegahan stunting pada calon pengantin.
Puskesmas di Kota Padang bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk melakukan skrining awal dan penyuluhan kepada calon pengantin mengenai persiapan kehamilan, nutrisi yang harus diterima oleh calon ibu, serta penanganan bayi agar tidak mengalami stunting.

“Calon pengantin harus melakukan skrining awal dan penyuluhan, bagaimana persiapan kehamilan, gizi yang diterima calon ibu, penanganan bayi, agar tidak melahirkan anak stunting,” jelasnya.

READ  Cegah Balapan Liar Melalui Fasilitasi di Bancah Laweh

Selain itu, bagi ibu hamil, berdasarkan program dari Kementerian Kesehatan, diwajibkan melakukan pemeriksaan sebanyak enam kali selama masa kehamilan di puskesmas.

Pemeriksaan Skrining Lingkar Lengan Atas (LiLa) pada ibu hamil di Kota Padang mencapai 96,2 persen, menunjukkan bahwa hampir semua ibu hamil telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining.

“Pemeriksaan Skrining Lingkar Lengan Atas (LiLa) pada ibu hamil mencapai 96,2 persen. Hampir semua ibu hamil sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan skrining,” ujarnya, dikutip Dinas Kominfo Kota Padang.

Upaya lain yang dilakukan adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang menyasar kepada anak-anak stunting.

Selain itu, dilakukan juga deteksi tumbuh kembang anak secara dini. Jika ditemukan anak yang mengalami masalah stunting, segera dirujuk ke RSUD Rasidin untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

READ  Tarif Layanan Totok Punggung di Puskesmas Sesuai Perda

“Kita terus melakukan intervensi. Jika menemui anak-anak yang stunting, langsung dilakukan deteksi dini tumbuh kembang anak. Kemudian apabila anaknya bermasalah, kita akan rujuk ke RSUD Rasidin untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.(kominfopdg)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *