Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

BNPB Siagakan Satu Pesawat untuk Modifikasi Cuaca Sumbar

51
×

BNPB Siagakan Satu Pesawat untuk Modifikasi Cuaca Sumbar

Sebarkan artikel ini
Banjir bandang dan lahar dingin melanda daerah seputaran Gunung Marapi.(kiprahkita.com)
Example 468x60

JAKARTA, potretkita.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan satu pesawat terbang untuk penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Sumatera Barat.

Hal itu dilakukan dalam rangka memitigasi risiko banjir, hujan lebat, dan longsor di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

Langkah ini diambilm mengingat potensi hujan lebat yang dapat memicu bencana longsor dan banjir bandang di daerah tersebut.

“Operasi TMC dilaksanakan berdasarkan pertimbangan prakiraan cuaca wilayah Sumatra Barat yang masih berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam siaran pers, Senin (27/5/24).

Muhari menyebutkan, BNPB telah menyiagakan satu unit pesawat caravan PK-SNN sebagai kendaraan operasional TMC. Pesawat tersebut standby di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumbar, untuk menjalankan operasi.

READ  Fungsi Tahura Bung Hatta akan Dimaksimalkan

“Pada Sabtu, 25 Mei 2024, operasi TMC hanya dapat dilaksanakan sebanyak satu sortie penerbangan. Hal ini dikarenakan terdapat pusat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumbar,” ujarnya, diberitakan tribratanews.polri.go.id

Tekanan rendah di Samudera Hindia tersebut menyebabkan kondisi keawanan di Sumbar cenderung belum berpotensi untuk disemai.

Meskipun demikian, BNPB akan terus melakukan penyemaian awan untuk mengantisipasi terjadinya hujan dengan intensitas sedang.

Langkah ini diambil sebagai upaya preventif guna meminimalisir dampak bencana yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem di wilayah Sumatra Barat.

BNPB berharap dengan adanya TMC, risiko bencana banjir dan longsor dapat diminimalisir, serta keselamatan dan keamanan masyarakat setempat dapat terjaga.(*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *