Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Gunung Marapi Kembali Erupsi

212
×

Gunung Marapi Kembali Erupsi

Sebarkan artikel ini
Gunung Marpi saat erupdi, Jumat (5/7) pagi ini.(lora lofelia/fb)
Example 468x60

PADANG PANJANG, potretkita.id – Memasuki hari kelima berstatus Level II atau Waspada, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, kembali erupsi Jumat (5/7).

Netizen yang berdomisili di seputran gunung itu melaporkan, mereka menyaksikan kepulan asap berwarna kelabu hingga hitam, mengepul dari kawah gunug kebanggaan masyarakat Sumatera Barat itu.

“Terjadi erupsi Gunung Marapi pada hari Jumat, 05 Juli 2024, pukul 06:36 WIB. Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 800 meter di atas puncak (mdpl), atau 3.691 meter di atas permukaan laut,” tulis Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi Bukittinggi Ahmad Rifandi, sebagaimana dikutip dari kiprahkita.com.

Dalam laporannya pada laman Magma Indonesia itu disebutkan, kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 6.2 mm dan durasi 52 detik.

READ  Fungsi Tahura Bung Hatta akan Dimaksimalkan

Sepanjang Kamis (5/7), beberapa aktifitas kegempaan Marapi juga tercatat di PGA Marapi Bukittinggi, lembaga milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ((PVMBG).

Terjadi empat kali gempa hembusan, tiga kali gempa tektonik lokal, satu kali gempa tektonik jauh, dan satu kali gempa tremor menerus.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Marapi dari Level III Siaga menjadi Level II atau Waspada pada Senin (1/7/2024).

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh, tingkat aktivitas Gunung Marapi diturunkan dari Level III (Siaga) menjadi Level II (Waspada) sejak tanggal 1 Juli 2024 pukul 15:00 WIB. (edi)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *