Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Harga Cabai Merah Melejit, Stok Bahan Pangan Aman

246
×

Harga Cabai Merah Melejit, Stok Bahan Pangan Aman

Sebarkan artikel ini
Pedagang dan pembeli cabai merah di Kota Padang.(kominfo pdg)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Melejitnya harga cabai merah, dikhawatirkan akan memicu naiknya inflasi. Sementara itu, stok bahan pangan di Kota Padang dinilai aman.

Sepekan menjelang Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan memastikan bahwa stok bahan pangan di daerah tersebut dalam kondisi aman.

Untuk mengecek ketersediaan stok bahan pangan di tingkat pedagang, tim Dinas Perikanan dan Pangan turun langsung ke pasar-pasar yang ada di Kota Padang, Ahad (09/06/2024).

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Alfiadi, melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Nila Sari Ardi menyebut, bencana alam yang berakibat putusnya sejumlah akses jalan menuju Kota Padang, tidak berpengaruh signifikan terhadap stok bahan pangan.

Akibat dari putusnya akses jalan yang membuat perjalanan harus memutar tersebut, Nila mengatakan terjadi keterlambatan dalam kedatangan barang dari jadwal biasa.

READ  Gempa Bumi Kejutkan Warga di Sumatera Barat

Namun begitu, ujarnya, stok bahan pangan masih tetap aman dan masyarakat diimbau untuk tidak melakukan panic buying.

Berdasarkan data Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, stok bahan pangan pada Juni 2024 adalah sebagai berikut:
– Beras: 1.050 ton
– Cabai rawit: 17,37 ton
– Cabai merah: 32,26 ton
– Bawang putih: 11,40 ton
– Bawang merah: 29,02 ton
– Daging sapi: 25,03 ton
– Daging ayam: 70,21 ton
– Telur ayam: 110,99 ton
– Gula pasir: 56,65 ton
– Minyak goreng: 64,47 ton

Sementara itu, Dinas Kominfo Kota Padang merilis, Senin (10/6), harga cabai merah di pasaran terus melejit, dan menjadi komoditas penyumbang inflasi tertinggi di Kota Padang.

Merespons hal tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar, menginstruksikan seluruh pihak terkait untuk menyiapkan langkah konkret dalam mengatasi inflasi yang semakin meningkat.

READ  Gubernur Lantik Andree sebagai Penjabat Walikota Padang

Dalam rapat pengendalian inflasi di Gedung Putih Rumah Dinas, Andree mengungkapkan, cabai merah merupakan komoditas yang dominan mempengaruhi laju inflasi, terutama menjelang Idul Adha.

“Harus siapkan langkah konkret, sebab kebutuhan dan permintaan cabai di Kota Padang selalu tinggi. Persiapkan lagi agar stok aman dan harga terjangkau,” tuturnya.

Salah satu langkah yang diusulkan adalah menghubungkan petani dengan konsumen secara langsung. Misalnya, pelaku UMKM yang memiliki kebutuhan cabai merah yang tinggi dapat membeli langsung dari petani dengan sistem yang terstruktur.

“Persiapkan penyelenggaraan pasar murah, pastikan ketersediaan pasokan di pasar melalui monitoring dan evaluasi. Kemudian, MoU dengan daerah penghasil. Terakhir, mengajak masyarakat menanam komoditas penyumbang inflasi, terutama cabai,” tukasnya.(*/red. edi)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *