Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
DestinasiSOSBUDSosialTOUR

Nama-nama Besar yang Mengharumkan Pandaisikek

299
×

Nama-nama Besar yang Mengharumkan Pandaisikek

Sebarkan artikel ini
Pandaisikek, nagari indah di lereng Singgalang yang melahirkan banyak orang hebat. (*)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Nagari Pandaisikek, Kecamatan X Koto, tercatat sebagai kawasan unggul dari sisi sumber daya manusia (SDM) di Tanah Datar.

Orang-orang hebat dan berpengaruh, banyak yang lahir dan punya sangkut-paut darah dengan Pandai Sikek. Mereka telah mengukir sejarah perjalanan bangsa ini.

Tingginya tingkat intelektualitas dan kadar kualitas SDM Pandaisikek, ditengarai menjadi salah satu sebab, perkampungan di lereng Gunung Singgalang dan menghadap Gunung Marapi itu, sering jadi incaran penjajah Belanda dalam upayanya menjajah dan menaklukkan Minangkabau.

Bersamaan dengan itu, kondisi geografisnya yang bergunung, berbukit dan berlembah, menjadi tempat pertahanan dan perlawanan yang cukup strategis bagi pejuang kemerdekaan, menghadapi segala upaya Belanda untuk menaklukkan negeri ini.

“Ada banyak bukti-bukti sejarah yang bisa ditemukan. Tapi, karena berbagai faktor, fakta demikian belum digali dan dipublikasikan. Semua anak nagari berkewajiban untuk menjaga bukti kejayaan masa lalu itu,” ujar seorang tokoh masyarakat; Alfiar Dt. Tunaro Nan Balimau Sundai, beberapa waktu silam.

READ  Investor Turki Tergoda Mandeh dan Mentawai

Kendati belum memiliki dokumen sejarah tertulis yang dibuat berdasarkan penelitian sejarah secara ilmiah, namun bukti-bukti keunggulan Pandaisikek dari sisi SDM hingga kini masih beredar dari mulut ke mulut.

Sebutlah misalnya Muhammad Sjafii alias Angku Sjafii, tokoh besar Indonesia bidang pendidikan yang mendirikan Institut Nasional Sjafii (INS) Kayutanam.

Kabarnya, beliau pernah mendirikan pondok pendidikan yang menggali dan mengasah potensi intelektual anak nagari Pandaisikek dalam menantang penjajah Belanda dahulu. Pondok pendidikan Sjafii itu hingga kini masih dapat ditemukan di Jorong Koto Tinggi.

Nama besar lainnya yang juga mengukir Pandaisikek sebagai sentra pembibitan tokoh bangsa adalah ayah Pendiri Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang Rahmah El-Yunusiyyah, Syekh M. Yunus.

Beliau adalah imam besar Thariqat Naqsyabandiyah yang dikenal dan dikagumi oleh berbagai pemuka umat di Indonesia.

Oleh masyarakat Pandaisikek, karakter perjuangan Syekh M. Yunus yang mereka sebut sebagai Anduang Unuih itu, hingga kini masih melekat erat dalam kehidupan sehari-hari.

READ  Nuansa Jawa dalam Film Petaka

Siapa pula yang tak kenal dengan Haji Miskin. Beliau adalah tokoh reformasi pemikiran Islam kenamaan. Itulah tokoh lain asal Pandaisikek yang hingga kini masih dikenang bangsa Indonesia.

Nama beliau, kini dilekatkan menjadi nama sebuah masjid di Baruah, surau gadang dan pesantren di Koto Tinggi. Komplek Pemakaman Haji Miskin, kini masih dirawat anak nagari Pandaisikek.

Sayangnya, perhatian pemerintah untuk merawatnya sebagai bukti kebesaran masa lalu, masih sangat minim.

Nama besar lainnya asalah Dr. Taufiq Ismail. Debut beliau di dunia kepenyairan, puisi, dan kesusaseraan, tentu tidak diragukan lagi. Namanya menggaung hingga kelima benua. Asia, Amerika, Australia, Eropa, dan Afrika.

Menyadari akan betapa pentingnya peran Pandaisikek di sektor pembinaan SDM, pemerintahan nagari bersama tokoh masyarakat diharap bisa mempertinggi frekuensi pembinaan.

Anak-anak cerdas di nagari itu diupayakan agar bisa mendapat pendidikan layak, sesuai dengan level potensi kecerdasan yang dimilikinya.(Musriadi Musanif)

Example 300250

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *