Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
PendidikanSEKOLAH

Satu Orang Hafidz Dilindungi Seribu Malaikat

50
×

Satu Orang Hafidz Dilindungi Seribu Malaikat

Sebarkan artikel ini
Bupati Eka Putra saat memberi sambutan.(ist)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Cita-cita menciptakan setidaknya separuh masyarakat Tanah Datar menjadi penghafal Al Quran, sudah mengalami perkembangan yang cukup baik.

“Saat ini, setidaknya sudah ada 19 anak-anak generasi muda Tanah Datar penghafal Al Quran, minimal 1 juz. Ini cukup baik dan membanggakan,” kata Bupati Eka Putra, Ahad (30/6/2024) saat membuka khatam Al Quran di Masjid Nur Ilahi Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto.

Bupati mengungkapkan, untuk mencapai cita-cita itu, ia bersama Pemerintah Daerah tidak bisa berjalan sendiri, butuh dukungan semua pihak, baik itu orang tua, pemerintah nagari, ninik mamak dan lainnya.

Menurutnya, pemerintah sudah meluncurkan Program Satu Rumah Satu Hafiz atau Hafizah yang bertujuan menciptakan generasi penghafal Al Quran. Ini butuh dorongan, dukungan dan pengawasan orang tua, ninik mamak dan lainnya, sehingga program ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dikatakan Bupati lagi, dengan semakin banyaknya generasi penghafal Al Quran, maka Tanah Datar akan sejahtera dan dijauhkan dari marabahaya.

READ  Pembelajaran Keminangkabauan Cegah Prilaku Negatif

“Seperti kita ketahui, satu orang penghafal Al Qur’an akan dilindungi seribu malaikat, bahkan hafiz dan hafizah akan menjadi mahkota surga bagi orang tuanya kelak di akhirat,” sampai Eka Putra.

Namun, tambah Eka Putra, tantangan zaman dengan kemajuan teknologi saat ini memang ujian bagi generasi muda semakin kompleks, seperti pengaruh handphone pintar.

“Di sinilah Saya harap orang tua untuk mengawasi pemakaian handphone pintar anak-anaknya, karena saat ini ada pihak melalui tontonan yang mengajarkan hal bertentangan dengan agama, bahkan juga melalui game,” tegasnya.

Terakhir, Bupati menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah sukses menggelar acara khatam Al Quran, dan ucapkan selamat kepada santriwan dan santriwati yang khatam.

“Khatam Al Quran ini merupakan awal untuk meningkat ke level selanjutnya dalam pemahaman isi dan kandungan Al Quran. Khatam bukanlah tamat membaca Al Quran,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana SF Dt. Rajo Lelo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar bersama rombongan. “Khatam Al Quran yang ke-36 kali dan diikuti 35 santri ini sungguh luar biasa, karena baru khatam hari ini yang dihadiri Bupati, terima kasih pak Eka,” sampainya.

READ  Bupati RHS Bahas Simalungun Emas 2045

Hal senada disampaikan pimpinan TPA Muhabbatul Furqan, S. Khatik Malano Basa, dimana pada gelaran khatam ke-36 Bupati Tanah Datar hadir pada perayaannya.

“TPA Muhabbatul Furqan merupakan TPA tertua di Nagari Panyalaian, yang berdiri jauh sebelum awal pelaksanaan khatam 36 tahun lalu. Dan, Alhamdulillah hari ini langsung dihadiri pak Bupati Eka Putra, terima kasih pak,” katanya.

Ditambahkan S. Khatik Malano Basa, segenap panitia dan juga pengurus TPA menyampaikan terima kasih kepada donatur dan orang tua sehingga perayaan khatam Al Qur’an bisa dilaksanakan.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat X Koto M. Yahya SP, Forkopimca X Koto, Wali Nagari Panyalaian dan Wali Nagari se-Kecamatan X Koto, BPRN dan KAN Panyalaian, ninik mamak, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (rel/*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *