Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumatera

Tim Penilai Tingkat Provinsi Datangi Desa Pangombusan

58
×

Tim Penilai Tingkat Provinsi Datangi Desa Pangombusan

Sebarkan artikel ini
Penyerahan plakat kepada tim penilai Desa Berprestasi Sumut.(ist)
Example 468x60

TOBA, potretkita.id – Desa Pangombusan di Kecamatan Parmaksian, terpilih untuk mewakili Kabupaten Toba dalam lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pada Jumat (7/6/2024), tim penilai yang dipimpin Sekretaris Dinas PMD Dukcapil Provinsi Sumut Alia Gani Manurung, datangi Desa Pangombusan untuk melakukan penilaian.

Tim ini didampingi oleh Camat Parmaksian dan Bupati Toba yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang.

Kepala Desa Pangombusan Hardi Manurung, dalam pemaparannya, menyampaikan profil singkat Desa Pangombusan yang memiliki luas 348 hektar.

Jumlah penduduk desa mencapai 2.543 jiwa, terdiri dari 1.270 laki-laki dan 1.273 perempuan. Desa ini terbagi dalam 3 Dusun dengan 641 Kepala Keluarga.

Kehadiran PT. Toba Pulp Lestari (TPL) di desa tersebut memberikan dampak besar dengan banyaknya warga yang bekerja sebagai karyawan perusahaan tersebut.

Selain memaparkan profil desa, Kepala Desa juga menyampaikan informasi mengenai berbagai UMKM yang ada di desa.

READ  Ribuan Guru Ikuti Seminar untuk Merawat Semangat

UMKM ini bergerak di sektor kuliner dan kerajinan, termasuk Pizza Andaliman, jajanan kue basah, dan pengolahan berbagai barang anyaman dari limbah plastik.

“Di sini warga kami mengolah limbah plastik, utamanya botol plastik, menjadi tandok, tas, dompet, dan kerajinan lain yang mempunyai nilai jual tinggi,” jelasnya.

Desa Pangombusan juga dikenal sebagai salah satu produsen ulos tenun di Kabupaten Toba.

Prestasi desa juga disoroti dalam presentasi tersebut, termasuk juara 1 lomba Batak Naraja, juara 1 percepatan pembayaran pajak, dan juara 1 lomba kebersihan tingkat Kecamatan.

Desa ini juga telah menerapkan sistem pelayanan satu pintu dan mengembangkan pojok baca digital untuk mencerdaskan masyarakat, terutama anak-anak.

Dalam sambutannya, Bupati Toba yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekdakab Toba, Eston Sihotang, memberikan apresiasi kepada Kepala Desa dan seluruh perangkat Desa Pangombusan.

READ  Tanggap Darurat Berakhir, 10 Warga Masih Hilang

“Saya ingin memberikan penghargaan untuk Kepala Desa Pangombusan dan seluruh perangkatnya karena telah terpilih menjadi perwakilan Kabupaten Toba dalam lomba tingkat Provinsi Sumut tahun 2024,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan agar semua pihak tidak berpuas diri dan terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan melalui berbagai kegiatan.

Sedangkan Alia menyampaikan, tujuan dari lomba tersebut adalah untuk menghasilkan rumusan yang akan digunakan dalam meningkatkan kinerja pemerintahan desa.

“Maksud dan tujuan lomba ini adalah untuk dapat menghasilkan rumusan yang akan digunakan dalam rangka peningkatan kinerja di tingkat desa, baik itu rumusan yang akan digunakan oleh Kecamatan, kabupaten, maupun provinsi,” jelasnya.

Ia berharap kunjungan tim penilai dapat membawa dampak positif bagi desa, kecamatan, dan kabupaten.(mctoba)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *