Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Jalan Rakyat di Lintau Berefek Ekonomis

88
×

Jalan Rakyat di Lintau Berefek Ekonomis

Sebarkan artikel ini
Walinagari Tapi Selo Genta Maulana.(ist)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Pembangunan jalan yang melintas perkambungan dan pertanian, berefek ekonomis yang hebat. Pertanian rakyat akan sangat terbantu.

Begitulah yang dikatakan Walinagari Tapi Selo Genta Maulana, saat peresmian jalan sepanjang 2,7 kilometer, menghubungkan Jorong Bangko dengan Koto Baru, Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara. Selain melintasi perkampungan, juga melewati areal pertanian.

Walinagari menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tanah Datar, karena telah memenuhi harapan warganya. Tahap berikutnya, dia berharap, pembangunan jalan itu segera bisa dituntaskan.

“Terima kasih kepada bupati dan jajaran. Kini jalan ini sudah diaspal dan nyaman dilintasi, sehingga diharap berdampak terhadap peekonomian masyarakat. Jalan ini adalah sarana penting dalam menggenjot ekonomi melalui sektor pertanian,” sebutnya.

Genta menjelaskan, jalan ini sebelumnya merupakan program PNPM. Keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat Nagari Tapi Selo dan Nagari Balai Tangah. Dari itu, ujarnya, masyarakat berharap untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya.

READ  Erupsi Marapi Ujian Bidang Kesehatan Setelah Covid-19

“Untuk kegiatan tahun 2023, tidak hanya pembangunan jalan yang dilaksanakan di Nagari Tapi Selo, namun banyak lagi yang menjadi skala prioritas, baik menggunakan dana pusat dan provinsi maupun daerah,” ucap Genta.

Untuk kegiatan tahun 2024, pihaknya sudah mengajukan anggaran pengaspalan Jalan Mudiak Lindan-Panorama Galanggang, dan Jembatan Lubuak Pauah Jorong Kajai yang semenjak 2017 rusak, akibat galodo. Sampai saat belum diperbaiki.

Menurutnya, pengaspalan jalan Simpang Padang Laweh-Kajai dan pembelian satu unit mobil ambulan untuk nagari, juga sudah dianggarkan.

“Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengalokasikan dana untuk pembangunan kantor wali nagari, dan dana aspirasi dari tokoh masyarakat untuk rabat beton jalan dari Durian Bangko-Mudiak Lindan. Ada pula pembangunan beberapa saluran irigasi melalui program P3A,” sampainya.

READ  Wabup Lantik Pangulu Antar Waktu

Tokoh Masyarakat Datuak Jindo Besar, juga menyampaikan terima kasih kepada bupati, karena telah menyahuti aspirasi rakyat dengan baik, sehingga penggunaan jalan yang sudah lama diharapkan warga bisa diaspal, sudah selesai dilaksanakan.

Bupati Eka dalam arahannya mengaakan, dia berhadap penyelesaian jalan ini bisa dianggarkan tahap dua, dan diharap hal itu sudah bisa direalisasikan pada 2025 nanti.

“Dengan selesainya pembangunan jalan iini, tentu cost nya akan lebih murah dan lebih menguntungkan petani. Biasanya, hasil panen seperti padi diangkut dengan dipikul yang mana biayanya tinggi, sekarang sudah bisa dengan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat,“ ucapnya.(prokpim tnd; kiprahkita.com)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *