Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Erupsi Marapi Berdampak pada Kenaikan Harga Jelang Puasa

208
×

Erupsi Marapi Berdampak pada Kenaikan Harga Jelang Puasa

Sebarkan artikel ini
Wako Padang Panjang dan jajaran mengikuti rakor pengendalian inflasi bersama Menteri Dalam Negeri,(kominfo)
Example 468x60

PADANG PANJANG, kiprahkita.com – Penjabat Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, mengingatkan kepada jajarannya, untuk mempercepat langkah-langkah pengendalian inflasi.

Erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan petani gagal tanam, dikhawatirkan akan memicu kenaikan harga bahan pangan. Antisipasi diperlukan, karena sebentar lagi akan tiba pula Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

Peringatan ini disampaikannya. usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi bersama Kementerian Dalam Negeri, Senin (12/2). di Ruang VIP Balai Kota, bersama beberapa instansi terkait.

“Program kegiatan dalam pengendalian inflasi khususnya di sektor pangan yang terdampak erupsi Gunung Marapi perlu segera dilakukan,” ujarnya, sebagaimana dipublikasikan Dinas Kominfo seempat.

Per tiga bulan, sebut Sonny, evaluasi langkah-langkah yang telah dilakukan. Selain itu, inovasi Warung Sembako Murah juga perlu diperhatikan. Program ini membantu masyarakat, dan akan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

READ  Kerusakan Jalan Ombilin-Batusangkar Semakin Parah

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan, inflasi pada Januari 2024 berada di angka 2,57 persen.

“Tingkat inflasi pada Januari ini lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dan bulan yang sama pada tahun lalu. Begitu juga dengan inflasi tahunan pada Januari 2024, yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya,” ungkap Tito.

Ia menekankan pentingnya koordinasi yang baik, antara berbagai pihak untuk menciptakan langkah-langkah strategis, dalam menjaga keseimbangan ekonomi di tingkat lokal.

“Pengendalian inflasi adalah tanggung jawab bersama, dan sinergi antara pemerintah daerah dan pusat sangat penting. Melalui rapat koordinasi ini, kita dapat merumuskan langkah konkret, dalam mengatasi dampak inflasi, dan menjaga stabilitas ekonomi di daerah masing-masing,” terangnya.

READ  Menko Muhadjir akan Kunjungi Pos Layanan MDMC di Pessel

Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdako Putra Dewangga menyebutkan, Indeks Perkembangan Harga (IPH) Padang Panjang pada minggu kedua Februari 2024 ini, berada di angka 1,312.

Beberapa komoditas penyumbang harga termasuk cabai merah, minyak goreng, dan telur ayam ras.(kominfo pdp; ed. edi)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *