Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Gunung Marapi Erupsi Empat Kali

521
×

Gunung Marapi Erupsi Empat Kali

Sebarkan artikel ini
Gunung Marapi sedang erupsi, dijepret oleh Ariel Mesha dari Pariangan, Tanah Datar, dan di-share pada GFB Salingka Tanah Datar.
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Gunung Marapi, yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, menjadi pusat perhatian, Senin (19/2), ini setelah mengalami empat kali erupsi sejak pagi hari.

Keempat erupsi tersebut tercatat pada jam 08.36 WIB, diikuti oleh kejadian pada pukul 09.15, 09.57, dan yang terbaru terjadi pada pukul 12.15 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengonfirmasikan, Gunung Marapi berada dalam status Level III atau Siaga sejak ditetapkan pada 7 Januari 2024 pukul 18.00 WIB.

Masyarakat sekitar dan pihak berwenang, diminta untuk terus memantau situasi, guna mengantisipasi potensi bahaya yang lebih besar.

Kabut tebal telah menyelimuti Gunung Marapi sejak pagi, mengakibatkan sulitnya melihat keberadaannya secara visual dari arah Padang Panjang, kota yang terletak di kaki gunung tersebut.

READ  Peristiwa PDRI Penting Bagi Sejarah Kelanjutan NKRI

Selain erupsi, kegempaan juga menjadi perhatian utama. Sebanyak 14 kali hembusan terjadi dalam rentang waktu pagi mulai dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Selain itu, satu kejadian gempa vulkanik dalam dan tremor terus-menerus juga tercatat dalam pengamatan para ahli.

Pihak berwenang dan tim penanganan bencana, terus mengimbau masyarakat setempat, untuk tetap waspada dan mematuhi segala peringatan serta himbauan yang diberikan.

Langkah-langkah pencegahan dan evakuasi juga terus dipersiapkan dalam menghadapi potensi bahaya yang lebih besar dari aktivitas Gunung Marapi. (mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *