Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITABudayaNasionalSOSBUD

Menko PMK Kagumi Sosok Buya Syafii Maarif

180
×

Menko PMK Kagumi Sosok Buya Syafii Maarif

Sebarkan artikel ini
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan kekagumannya terhadap almarhum Buya Syafii Maarif.(sumbarprov.go.id)
Example 468x60

SIJUNJUNG, potretkita.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy, mengaku mengagumi sosok Buya Syafii Maarif.

Muhadjir mengatakan hal itu, didampingi Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah, dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar Dr. Bakhtiar, saat melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Sijunjung, Jumat (26/4/2024), dalam rangka meresmikan Gedung Dakwah Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

Selain meresmikan pusat kegiatan Muhammadiyah Daerah Sijunjung itu, Muhadjir juga menjadi narasumber pada dialog kebangsaan dan Silaturahim Muhammadiyah Wilayah Sumbar di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung.

Dalam sambutannya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan kekagumannya terhadap karakter dan pemikiran Buya Syafii Maarif, seorang putra asli Sumpur Kudus, Sijunjung.

READ  Jangan Hanya Jadi ASN 840

Menurut Muhadjir, Buya Syafii adalah sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk membangun bangsa melalui pendidikan.

“Jejak perjalanan Buya Syafii pernah saya telusuri dan ternyata setelah merantau dari Sijunjung, ia memulai dengan mendirikan sekolah di Bima,” kata Muhadjir.

Buya yang pernah menjadi ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, bukan hanya dikenal sebagai seorang sejarawan, cendekiawan, tokoh Muhammadiyah, tetapi juga dikenal sebagai seorang guru bangsa dengan kepribadian yang humanis, pluralis, inklusif, moderat, terbuka, dan toleran.

Pemikiran Buya bukan hanya milik Muhammadiyah, tetapi milik bangsa ini. Salah satu warisan pemikiran Buya Syafii ialah komitmennya tentang Indonesia miliki bersama, bukan segelintir kroni atau golongan.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan selamat atas peresmian Gedung Dakwah Muhammadiyah Sijunjung, dan mengapresiasi fasilitas tersebut, yang juga memiliki amal usaha untuk menjual berbagai kerajinan.

READ  Muhammadiyah Sikapi Konflik Palestina-Israel

“Mudah-mudahan hadirnya amal usaha ini bisa lebih berkembang, memajukan UMKM Sijunjung dan menjadi pusat UMKM yang sudah bersertifikasi halal. Sukses untuk amal usaha Muhammadiyah,” ujarnya, sebagaimana dirilis laman resmi sumbarprov.go.id, diakses Ahad (28/4).

Sementara itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Dia mengakui, bantuan ini akan sangat berarti untuk penanganan bencana di daerahnya.

“Bantuan ini sangat besar artinya. Menjadi pengobat dan membawa kebaikan bagi masyarakat,” ujar Bupati Benny.(*/mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *