Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Pemprov Dorong Daerah Segera Tuntaskan Batas Nagari

187
×

Pemprov Dorong Daerah Segera Tuntaskan Batas Nagari

Sebarkan artikel ini
Sekdaprov Sumbar Hansastri.(sumbarprov)
Example 468x60

BUKITTINGGI, potretkita.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hansastri, meminta kabupaten dan kota segera menuntaskan batas nagari.

Untuk itu, ujarnya, butus keseriusan dan fokus melakukan percepatan pelaksanaan satu peta, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2021. dengan menyelesaikan penetapan dan penegasan batas desa dan nagari di wilayah masing-masing.

Dalam kegiatan Asistensi Teknis Penegasan Batas Desa serta Pemutakhiran Data Nama Desa dan Kode Desa. di Aula UPTD Balai Pelatihan Pertanian, Mandiangin, Bukittinggi, Rabu (24/4/2024), Hansastri menyatakan, kabupaten dan kota memiliki tanggungjawab besar dan strategis dalam pelaksanaan percepatan penetapan batas.

Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri, Badan Informasi Geospasial, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hanya bisa mendorong dan mendukung, sementara kunci keberhasilan ada pada pemerintah kabupaten dan kota.

READ  Terlibat Baku Tembak, Satu dari Tiga Perampok Tewas

“Penetapan dan penegasan batas nagari desa dianggap penting, untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, dan memberikan kepastian hukum terkait batas wilayah suatu nagari desa,” ujarnya, sebagaimana dirilis sumbarprov.go.id.

Berdasarkan hasil monitoring Biro Pemerintahan dan Otda per Maret 2024, katanya, ada peningkatan dalam proses pelaksanaan penetapan, dan penegasan batas desa nagari di Sumatera Barat.

Namun, sebutnya lagi, beberapa masalah menjadi kendala, termasuk peta batas yang belum sesuai dengan ketentuan, keterbatasan anggaran, dan lemahnya konsolidasi dan koordinasi OPD pelaksana.

Asistensi teknis ini bertujuan menemukan solusi dari berbagai masalah tersebut, juga sebagai ajang monitoring dan evaluasi, terhadap proses penetapan dan penegasan batas desa.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari OPD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bagian Hukum, serta Bagian Pemerintahan.

READ  Muhammadiyah Harus Penyedia Solusi Masalah Umat

Asistensi teknis diharapkan dapat mempercepat proses penegasan batas desa dan pemutakhiran data nama desa serta kode desa.

Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat mendorong percepatan penetapan batas desa sesuai dengan target yang telah ditetapkan.(kominfotik sb)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *