Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITANasional

Gunung Lewotobi Laki-laki Naik Status ke Awas

128
×

Gunung Lewotobi Laki-laki Naik Status ke Awas

Sebarkan artikel ini
Gunung Lewotobi Laki-laki saat erupsi. Kini statusnya naik ke Awas.(pvmbg)
Example 468x60

BANDUNG, potretkita.id – Ada dua peristiwa besar yang terjadi pada Selasa (9/1/2024), yakni naiknya status Gunung Marapi di Sumatera Barat dari Level II (waspada) ke Level III (Siaga), dan Gunung Lewotobi Laki-laki menjadi Level IV (Awas).

Dengan demikian, saat ini terdapat satu gunung api berstatus awas, dan empat berstatus Siaga, yakni Gunung Anak Krakatau, Gunung Marapi, Gunung Merapi, dan Gunung Semeru.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam keterangan persnya yang diakses dan dikutip Rabu (10/1) menjelaskan, secara visual pada 1-9 Januari 2024 menunjukkan, aktivitas vulkanik Lewotobi Laki-laki mengalami peningkatan tinggi kolom erupsi, maksimum 1.500 m dari pusat erupsi yang berada pada area sebelah barat laut-utara Kawah Lewotobi Laki-laki.

PVMBG menyebut, teramati sinar api dan lontaran material pijar di bagian puncak, dan aliran lava di bagian rekahan berarah Barat Laut-Utara dari puncak.

READ  Banyak Lokasi di Padang Panjang Masih Ditutupi Lumpur Vulkanik

Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Lewotobi Laki-laki, sehingga tingkat aktivitas Gunung Api Lewotobi Laki-laki dinaikan dari Level III (Siaga) ke Level IV (AWAS), terhitung mulai tanggal 9 Januari 2024 pukul 23:00 WITA :

Dengan status Awas, maka:
1. Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Lakiā€“laki, pengunjung, dan wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 km dari pusat erupsi Guung Lewotobi Laki-laki, serta sektoral 5 km pada arah barat laut-utara.

2. Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki, diminta mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

3. Masyarakat yang terdampak hujan abu Lewotobi Laki-laki, agar memakai masker dan penutup hidung-mulut, untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

READ  Presiden Katakan Hal ini kepada Hadi dan AHY

4. Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemda, serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

5. Pemerintah daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Lewotobi Laki-laki di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung.

6. PVMBG akan selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Satlak PB setempat dalam memberikan informasi tentang kegiatan G. Lewotobi Laki-laki.Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi Pos Pengamatan G. Lewotobi Laki-laki atau menghubungi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada nomor telepon 022-7272606.

Demikian dikutip dari rilis yang diakses pada Rabu (10/1) pagi.(mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *