Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITAPendidikanSEKOLAHSumbar

IPM Tanah Datar Meningkat Terus

395
×

IPM Tanah Datar Meningkat Terus

Sebarkan artikel ini
Salah satu kegiatan terkait dengan pengembangan SDM di Tanah Datar.(ist)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selama tiga tahun terakhir meningkat terus, sesuai data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Menurut data itu, IPM di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2021 mencapai 72,46 persen, yang kemudian meningkat menjadi 73,29 persen pada tahun 2022, dan mencapai 75,57 persen pada tahun 2023.

Kepala BPS Tanah Datar Chardiman menjelaskan, peningkatan tersebut didasarkan pada tiga indikator utama, yaitu standar hidup layak, pendidikan, dan kesehatan.

Untuk kategori standar hidup layak, imbuhnya, pendapatan dan pengeluaran masyarakat menjadi penilaian utama. Sedangkan untuk kategori pendidikan, angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah menjadi faktor penentu. Sementara kategori kesehatan, angka harapan hidup masyarakat menjadi tolok ukur.

READ  Pemotongan Hewan Kurban di Agam Menurun

Angka harapan hidup masyarakat di Tanah Datar menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, mencapai 70,84 persen pada tahun 2023. Begitu juga dengan angka harapan sekolah dan rata-rata lama sekolah yang mengalami peningkatan yang signifikan.

Bupati Eka Putra menyatakan, peningkatan IPM menjadi indikator positif, pembangunan pendidikan di kabupaten tersebut terus berkembang. Dia juga menyoroti program-program unggulan yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, seperti program satu nagari satu event yang telah berkontribusi, pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Di sektor pendidikan, Eka menekankan komitmen pemerintah daerah bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam memberikan bantuan pendidikan bagi masyarakat.

“Kita mempunyai slogan bahwa tidak ada anak Tanah Datar yang tidak melanjutkan pendidikan karena tidak adanya biaya pendidikan,” katanya, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo setempat, diakses pada Senin (26/2).

READ  Erupsi Marapi Ujian Bidang Kesehatan Setelah Covid-19

Sementara itu, di sektor kesehatan, pemerintah daerah juga telah memberikan prioritas bagi masyarakat yang terkendala biaya, dengan memberikan bantuan biaya berobat gratis, melalui berbagai lembaga seperti Dinas Kesehatan dan Baznas Tanah Datar.

Dengan pencapaian yang gemilang ini, Bupati menegaskan komitmen pemerintah daerah, untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, melalui berbagai program pembangunan yang berkelanjutan.(kominfo tnd)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *