Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITAHUKUM DAN KEMANANSumbar

Jal Atri Minta Pemkab Pasbar Turun Tangan

277
×

Jal Atri Minta Pemkab Pasbar Turun Tangan

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua PWM Sumbar Ki Jal Atri Tanjung.(ist)
Example 468x60

PADANG, kiprahkita.com – Tokoh masyarakat Air Bangis, Pasaman Barat, di Kota Padang meminta Pemkab Pasbar segera turun tangan, menyelesaikan keluhan masyarakat.

“Masyarakat melaporkan, mereka telah lama menderita akibat aktivitas salah satu perusahaan perkebunan di sana. Diduga terjadi pencemaran lingkungan dan aktivis yang merugikan masyarakat,” ujar Advokat Ki Jal Atri Tanjung.

Jal Atri yang juga wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat Bidang Hukum dan HAM itu mengaku, situasi tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Semua pihak terkait, tegasnya, harus segera turun tangan menyelesaikannya.

“Masyarakat Air Bangis sudah lama terpapar dugaan pencemaran lingkungan. Perusahaan harus bertanggung jawab,” tegas penasihat Ikatan Keluarga Air Bangis (IKAB) Kota Padang.

READ  Orang Batak Harus Sanggup Senang Tahan Susah

Menurutnya, masyarakat melalui pemerintahan nagari dan camat setempat telah mengirimkan surat resmi kepada manajemen perusahaan pada tanggal 25 April 2024.

Surat tersebut berisi keluhan dan kerugian masyarakat Air Bangis, termasuk berbagai penyakit yang diderita, kerusakan tanaman dan hewan ternak, serta gangguan akses terhadap air bersih dan sumber daya alam lainnya.

Selain meminta perusahaan memperhatikan persoalan itu, Ki Jal Atri juga mendesak Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk proaktif dalam menyelesaikan masalah ini. Ia berharap agar pemerintah daerah dapat segera mencarikan solusi terbaik, yang berpihak pada masyarakat Air Bangis.

“Kami berharap agar Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat dapat turun tangan dan membantu masyarakat Air Bangis mendapatkan keadilan. Masalah ini tidak boleh diabaikan dan harus segera diselesaikan,” ujarnya.

READ  Gunung Marapi Tetap Siaga

Kasus ini menjadi pengingat penting bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, untuk selalu memperhatikan dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas mereka.

Perusahaan ini, tuturnya, diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain, untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.(rel)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *