Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumatera

Kapal Tanker Selamatkan Nelayan Aceh Terkatung-katung di Lautan

88
×

Kapal Tanker Selamatkan Nelayan Aceh Terkatung-katung di Lautan

Sebarkan artikel ini
Nelayan Aceh yang berhasil diselamatkan, setelah sebelas hari terkatung-katung di lautan.(infopublik,id)
Example 468x60

BANDA ACEH, potretkita.id – Tiga nelayan Aceh terkatung-katung di lautan. Sebelas hari lamanya, hingga kemudian mereka diselamatkan kapal tenker yang sedang melintas.

Setelah berhasil diselamatkan oleh kapal SC Gold Ocean, berbendera Kepulauan Marshall itu, mereka akhirnya dievakuasi Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) dngan Kapal SAR KN Kresnas 232, di Selat Benggala.

Selat itu berada di perairan antara Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dengan Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh, berjarak 7,3 nautikal mil dari pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Jumat (12/1/2024).

Mengutip pemberitaan pada laman infopublik.id diketahui, tiga nelayan yang dievakuasi adalah Jekie Bowie (30) dan Baihaki (34) warga Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat serta Rinal Junaidi (46), warga Kutaraja, Kota Banda Aceh. Ketiga nelayan tersebut merupakan awak KM Sultan Meulaboh Capsize.

READ  Banyak Lokasi di Padang Panjang Masih Ditutupi Lumpur Vulkanik

“Mereka diselamatkan kapal tanker SC Gold Ocean, Kamis (11/1/2024) sekitar pukul 10.00 waktu setempat. Kapal itu sedang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia ke Mumbai, India,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain.

Menurutnya, lapal tanker tersebut menemukan tiga nelayan Aceh itu, sedang terapung dalam kondisi kapal mereka tenggelam di perairan barat, 90 nautikal mil dari Pulau Weh. Kemudian, mereka diselamatkan dan dinaikkan ke kapal SC Gold Ocean.

Kondisi ketiga nelayan tersebut saat dievakuasi dalam keadaan sehat. Sebelumnya, mereka sempat terkatung-katung di lautan selama 11 hari setelah kapal mereka mengalami kebocoran.

Ibnu Harris mengatakan setelah menyelamatkan ketiga nelayan, kapal tanker tersebut menginformasikan untuk proses evakuasi. Basarnas mengerahkan tim evakuasi dan memberangkatkan KN Kresna dari Pelabuhan Ulee Lheue pada Kamis (11/1/2024) sekitar pukul 22.30 WIB.

READ  Mobil Pengangkut Kotak Berisi Surat Suara Terjebak

“Evakuasi berlangsung Jumat (12/1) dini hari. Proses evakuasi terkendala angin dan gelombang serta kapal tanker tersebut dalam kondisi tanpa muatan, sehingga membutuhkan tangga khusus untuk menurunkan tiga nelayan ke kapal SAR,” katanya.(infopublik.id)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *