Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Kota Padang Panjang Terbaik Akses Sanitasi

215
×

Kota Padang Panjang Terbaik Akses Sanitasi

Sebarkan artikel ini
Pj. Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra, usai menerima penghargaan dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.(ist)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Kota Padang Panjang meraih penghargaan prestisius, atas pencapaian 100 persen Akses Sanitasi Layak.

Penghargaan itu diserahkan dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Terintegrasi Provinsi Sumatera Barat, yang berlangsung pada Kamis (18/4), diserahkan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan diterima Penjabat (Pj) Walikota Sonny Budaya Putra, di Padang.

Penghargaan ini merupakan pengakuan sebagai Terbaik I di Sumatera Barat, berdasarkan evaluasi menggunakan Sistem Informasi Capaian Air Minum, Air Limbah, Perumahan, dan Persampahan (Sicalmers) yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Sejak 2019, Kota Padang Panjang telah berhasil mencapai pencapaian 100% bebas dari praktek Buang Air Besar Sembarangan (BABS), yang merupakan langkah signifikan dalam upaya meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat.

READ  Bupati Eka Ajak ASN Bekerja dengan Semangat Baru

Melalui pembangunan Infrastruktur Pengolahan Air Limbah Komunal (IPAL Komunal), MCK (Mandi, Cuci, Kakus), jamban individu, operasionalisasi truk tinja, serta program pemicuan kesadaran masyarakat, Kota Padang Panjang berhasil memperoleh prestasi yang membanggakan.

Sonny menyambut penghargaan ini dengan rasa syukur dan bangga, yang menunjukkan kerja keras dan komitmen berbagai pihak, terlibat dalam menjaga dan meningkatkan kualitas sanitasi.

“Penghargaan ini adalah bukti dari kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan sanitasi di Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Sebagai komitmen nyata, Pemerintah Kota juga mengalokasikan anggaran tidak kurang dari 2% total APBD setiap tahunnya untuk pembangunan sanitasi.

Dokumen Strategi Sanitasi Kota Padang Panjang 2023-2027 telah disusun pada tahun 2022 sebagai panduan untuk upaya pembangunan sanitasi yang berkelanjutan.

READ  Cuaca Gerah di Indonesia Bukan Gelombang Panas

Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Kota Padang Panjang, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas sanitasi guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan layak huni bagi seluruh masyarakat.

Sonny didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Rusdianto, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Zia Ul Fikri, Kepala Dinas Kesehatan Faizah, dan Kepala Dinas Sosial PPKBPPPA Osman Bin Nur.(kominfo pdp; ed. edi)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *