Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
POLITIK

KPU Mulai Melipat Surat Suara

100
×

KPU Mulai Melipat Surat Suara

Sebarkan artikel ini
Petugas KPU menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024.(infopublik.id)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menyortir dan melipat surat suara. Beredar isu, ada surat suara yang sudah dicoblos. Tapi isu itu tidak terbukti kebenarannya.

Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra menjelaskan, proses penyortiran dan melipat surat suara itu sudah belangsung dua hari, sejak dimulai pada Kamis (11/1). Kegiatan dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Kota Padang, Jalan By Pass Km 19 Padang.

Untuk menyortir dan melipat surat suara itu, KPU Kota Padang mengerahkan 250 orang petugas, diambilkan dari masyarakat. Nampaknya, untuk mencapai target sesuai dengan jadwal, KPU akan menggenapkan petugas hingga mencapai 500 orang.

KPU Padang menargetkan sorti dan lipat suara selesai selama delapan hari “Target kita 17 Januari 2024, semuanya sudah selesai. Sebanyak 425 kotak surat suara dihaap selesai disortir dan dilipat per hari,” katanya.

READ  Presiden Katakan Hal ini kepada Hadi dan AHY

TERCOBLOS
Sementara itu, mengutip pemberitaan dari laman infopubli.id, Jumat (12/1), KPU Kota Yogyakarta memastikan tidak ada surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang sudah dalam kondisi tercoblos.

“Tidak ada yang tercoblos,” ujar Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro.

Meski demikian, dari 328.706 lembar surat suara pilpres yang disortir, petugas masih menemukan surat suara dalam kondisi rusak. Harsya enggan menyebut jumlah pasti surat suara yang rusak tersebut.

Menurut dia, sebagian besar surat suara pilpres yang rusak tersebut rata-rata mengalami sobek pada bagian depan kertas yang dinilai dapat mengganggu pemilih saat pencoblosan.

Surat suara pilpres yang diduga tidak layak digunakan tersebut, menurut Harsya, pihaknya masih akan melakukan penyortiran ulang. “Akan kami sortir lagi dan kami konsultasikan ke KPU DIY. Apabila dipastikan rusak akan diganti oleh percetakan,” katanya.(*/mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *