Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Sumbar

MPID PDM Pasaman Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1

288
×

MPID PDM Pasaman Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

PASBAR – Majelis Pustaka Informasi Dan Digitalisasi (MPID) PDM Kabupaten Pasaman Barat, selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1 untuk AUM Pendidikan di Pasaman Barat, Ahad (17/12).

Pelatihan diselenggarakan di Kompleks Pondok Pesantren Islamic Centre Muhammadiyah Alamanda Kinali Pasaman Barat. Mengangkat tema Mewujudkan Jurnalistik Muhammadiyah yang Profesional, Berintegritas, dan Berkemajuan, acara dibuka Denni Meilizon, selaku Wakil Ketua PDM Kab. Pasaman Barat.

Kegiatan pelatihan itu dihadiri  Kusnan, Wakil Ketua PDM Kabupaten Pasaman Barat dan Andris, Ketua MPID PDM setempat. Sementara itu narasumber kegiatan adalah, Musriadi Musanif (Pimred Portal Berita MenaraMU), Nova Indra (Wakil Pimred Portal Berita MenaraMU) dan Denni Meilizon (Waka PDM, Pembina PWII Pasaman Barat).

Duapuluh tiga (23) orang peserta yang  terdiri dari guru-guru tingkat SDTM, SMPM, MTsM, SMAM dan MAM mengikuti acara tersebut dengan antusias.

Disampaikan Andris, program yang digagas itu, ditujukan  sebagai wadah untuk menghidupkan dan mengembangkan kemampuan Kader Persyarikatan Muhammadiyah Pasaman Barat, dalam menjawab tantangan digitalisasi sehingga terbentuk jurnalis yang handal.

Pesan senada juga disampaikan Denni Meilizon koordbid Pembinaan Kader dan AMM, Pustaka dan Informasi, program tersebut akan terus diarahkan lebih aktif dalam gerakan literasi dan jurnalistik.

READ  Guru MTs Muhammadiyah Kajai Ikuti Pelatihan Jurnalistik

“Kalau perlu diwajibkan, bahwa setiap AUM didorong untuk mempunyai target hasil dari literasi maupun jurnalistik. Kita akan monitor sejauh mana pengembangan setiap semesternya di masing-masing AUM. Selanjutnya pelatihan jurnalistik akan terus diadakan dengan jangkauan yang lebih luas dalam lingkup Persyarikatan,” jelas Denni yang juga penulis buku-buku sastra itu.

Sementara itu, Nova Indra selaku narasumber menyampaikan perkembangan Jurnalistik tidak hanya di bidang Pendidikan tetapi bisa meluas ke ranah kesejahteraan. Upaya tersebut dapat dilakukan membangun sarana website ataupun portal digital, yang mencatat serta memublikasi kegiatan serta peristiwa Persyarikatan di Pasaman Barat.

Disampaikan Ayu, salah seorang peserta dan Guru MTs Muhammadiyah Alamanda, pelatihan jurnalistik secara pribadi menambah wawasan untuk mengajar dalam mata Pelajaran TIK, jadi tidak hanya sekedar pengembangan literasi ataupun jurnalistik.

Hal itu mendorong Ayu untuk lebih aktif mengaplikasikan dan mengolaborasikan pengetahuuan TIK dan jurnalistik kepada siswa di madrasah.

READ  Gempa Magnitud 4,5 Dekat Airbangis Kagetkan Warga Pasbar

Zikri, salah seorang peserta lainnya yang berasal dari MTsM Kajai, berharap pelatihan Jurnalistik ini dapat terus diadakan guna membangun motivasi literasi di daerah Pasaman Barat. Hal itu karena indeks literasi Pasaman Barat baru masih berada pada rangking yang cukup rendah.

Melihat materi yang disampaikan narasumber, dan pentingnya memahami sastra dan jurnalistik, teknik penulisan, dan manajemen website hingga menjadi blogger, tentunya sejalan dengan program-program yang akan terus diselenggarakan tim MPI PDM Pasaman Barat pada sesi selanjutnya.

Pada materi praktik menulis berita didampingi Musriadi Musanif, yang juga merupakan seorang wartawan kawakan. Peserta yang berasal daru AUM Pendidikan di lingkungan PDM Pasbar, juga melakukan praktik penulisan berita. Seluruh berita dan karya jurnalistik pertama dari peserta tersebut, akan dikemas secara lebih baik untuk seterusnya dipublikasikan di media-media yang ada.

Karena Pelatihan Jurnalistik Angkatan 1 itu dinilai berhasil, maka tentunya akan terus dikembangkan pada Pelatihan Jurnalistik Angkatan 2 dan seterusnya, sebagai follow up dari pelatihan sebelumnya. (RN/rel/MPID/DM)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *