Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
POLITIK

Semua yang Cinta Indonesia Harus Ikut Perang Melawan Disinformasi

280
×

Semua yang Cinta Indonesia Harus Ikut Perang Melawan Disinformasi

Sebarkan artikel ini
Anggota Bawaslu Lolly Suhenti.(bawaslu.go.id)
Example 468x60

JAKARTA, potretkita.id – Semua pihak yang cinta Indonesia, diminta untuk terlibat dalam perang melawan disinformasi pemilu. Bawaslu menyebut, ada kemajuan yang sudah dicapai.

Demikian dikatakan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lolly Suhenti, sebagaimana diberitakan pada laman resmi bawaslu.go.id, yang diakses dan dikutip pada Senin (25/12).

Lolly menyebut, persoalan disinformasi pemilu harus diperangi bersama dengan pemerintah, penyelenggara pemilu, platform media sosial, dan koalisi masyarakat sipil. Disinformasi pemilu, tegasnya, merupakan persoalan bangsa dan harus dilawan bersama.

“Kemudahan koordinasi antar kementerian/lembaga, dengan BSSN dan Kominfo misalnya. Hasil patroli pengawasan siber disampaikan ke Bawaslu setiap harinya, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” ujarnya.

Menurutnya, koalisi masyarakat sipil seperti mafindo, cek fakta, perludem dan lainnya yang sudah memberikan komitmen dan dedikasinya selama ini. Jadi, ujarnya, kalau ada masyarakat yang merasa pemilu sekarang tidak sepanas pemilu periode sebelumnya, padahal arus informasi di media sosial sangat deras, ini merupakan hasil kolaborasi multipihak.

READ  Proses Pencalonan Anggota DPRD tanpa Kendala dan Sengketa

Melawan disinformasi, tegasnya, menjadi penting dan krusial, karena saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Informasi yang tujuannya menyesatkan dan menimbulkan kebingungan akan berdampak negatif.

“Disinformasi harus kita lawan, sebelum menyebarkan informasi melalui media sosial, perlu dicek terlebih dahulu kebenarannya,” jelas Lolly.(bawaslu.go.id)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *