Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Banjir Landa Seluruh Kecamatan di Selingkaran Gunung Marapi

1027
×

Banjir Landa Seluruh Kecamatan di Selingkaran Gunung Marapi

Sebarkan artikel ini
Bupati Eka Putra mengunjungi warga yang rumahnya dipenuhi lumpur usai dilanda banjir.(prokopim td)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Bencana hidrometeorologi berupa banjir lahar dingin, galodo, dan luapan sungai, melanda seluruh kecamatan di selingkaran Gunung Marapi, dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Musibah itu terjadi sejak Jumat pekan kemarin, dan meluas hingga Senin (8/4) malam. Menyikapi hal itu, Pemkab Tanah Datar menetapkan tanggap darurat bencana selama 14 hari.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Bupati Eka Putra, dihadiri Ketua DPRD H. Ronny Mulyadi, Forkopimda, dan OPD terkait, Senin (8/4/2024), di Gedung Indojolito Batusangkar, Bupati mengumumkan penetapan Kabupaten Tanah Datar sebagai daerah tanggap darurat selama 14 hari ke depan, dimulai sejak Senin, pukul 22.29 WIB.

Sehari setelah menetapkan tanggap darurat atas bencana banjir, Selasa (9/4) dinihari, Bupati Eka Putra bersama Forkopimda dan beberapa OPD terkait langsung turun ke lapangan untuk meninjau kondisi terkini yang dialami oleh warga.

Rombongan melakukan peninjauan langsung di beberapa rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak banjir. Saat itu, bupati langsung menyalurkan bantuan berupa selimut dan sembako, kepada warga yang rumahnya terendam banjir.

READ  Truk Tabrak Sepeda Motor dan Sejumlah Mobil

“Saat ini saya bersama Forkopimda sedang berada di Nagari Baringin untuk meninjau beberapa rumah warga yang terendam banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi dan juga air bah. Untuk itu, saya bersama Forkopimda langsung turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar untuk mendoakan agar bencana yang melanda wilayah Kabupaten Tanah Datar segera berlalu.

Dalam situasi sulit seperti ini, ujarnya, solidaritas dan doa bersama menjadi kekuatan untuk menghadapi cobaan.

Upaya penanggulangan dan bantuan terus dilakukan oleh pihak terkait demi membantu masyarakat yang terdampak.

“Semoga dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, kondisi di Tanah Datar dapat segera pulih dan masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan dengan normal,” katanya, sebagaimana dirilis Bagian Prokopim Setdakab Tanah Datar.

LAKUKAN PENDATAAN
Sebelumnya, media lokal berbasis online kiprahkita.com memberitqakan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Datar Ermon Revlin menjelaskan, curah hujan yang tinggi mengakibatkan bencana banjir lahar dingin dan banjir bandang, hampir di seluruh kecamatan Kabupaten Tanah Datar.

READ  Enam Mobil Tertimbun Longsor, Tiga Orang Meninggal

“Kondisi serupa juga terjadi di seluruh kecamatan seperti Sungai Tarab, Sungayang, Tanjung Emas, Lima Kaum, dan beberapa kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, Tim BPBD telah melakukan pendataan di beberapa kecamatan, namun kerugian materiil dialami oleh masyarakat, karena masih di lapangan mengantisipasi kondisi yang ada.

Sementara itu, Kapolres AKBP. Derry Indra menyarankan untuk menindaklanjuti dan menyikapi kondisi ini lebih lanjut, sementara Kajari Otong Hendra Rahayu menekankan, pentingnya pemerintah bergerak cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak, karena ini adalah masalah kemanusiaan.

Ketua Ronny berharap pemerintah, dapat langsung turun ke lapangan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, dengan melakukan evakuasi dan mendirikan posko di titik-titik tertentu untuk membantu masyarakat, terutama yang menjadi korban.

Usai rapat, bupati bersama jajaran dan Forkopimda pun langsung turun ke lapangan.(mrd)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *