Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Detik-detik Ambruknya Jembatan Akibat Banjir Lahar

893
×

Detik-detik Ambruknya Jembatan Akibat Banjir Lahar

Sebarkan artikel ini
Detik-detik ambruknya jembatan di Padang Panjang, setelah dihantam banjir lahar dingin, yang viral di medsos itu.(kominfo pp)
Example 468x60

PADANG PANJANG, potretkita.id – Detik-detik ambruknya sebuah jembatan, saat berlangsungnya banjir lahar dingin di Kota Padang Panjang, viral di media sosial.

Peristiwa itu terekam jelas, saat jembatan ambruk dan terjungkalnya jalan beraspal yang melapisi jembatan ke sungai. Lalu dibagi netizen pada berbagai platform.

Jembatan itu menghubungkan Guguk Malintang dengan Kampuang Tanjuang terus ke RSUD Padang Panjang. Ini menjadi akses utama warga dari arah pusat yang hendak menuju RSUD.

Juga merupakan akses utama warga menuju pasar, dari arah Paninjauan Tanah Datar dan Nagari Gunuang Padang Panjang.

Peristiwa yang direkam dan di-share itu terjadi Senin (8/4) sekira pukul 18.40 WIB, saat warga sedang berbuka puasa.

Menurut rilis Dinas Kominfo setempat, akibat peristiwa itu, jalan terputus total dan tak dapat dilewati segala kenis kendaraan.

READ  Perjalanan Dinas Fiktif Titik Kritis Modus Korupsi

Penjabat (Pj) Wali Kota Sonny Budaya Putra, beserta Kapolres AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, dan Dandim 0307/TD Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, serta OPD terkait turun langsung meninjau lokasi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melalui jalan ini. Sementara itu, akses jalan menuju RSUD Padang Panjang dialihkan ke Simpang Lapan atau Tami Ganting,” kata Sonny.

Sonny juga mengimbau, agar masyarakat yang tinggal dekat jembatan tersebut, untuk mengungsi sementara waktu dan meminta semua OPD terkait segera mengambil langkah-langkah penanganan.

“Saya meminta agar semua pihak langsung bertindak. Perbaikan harus dilakukan sesegera mungkin. Lurah harus memastikan warganya, kita akan menangani ini dengan cepat. Kita tidak ingin ada korban jiwa akibat kejadian ini,” tegasnya.

READ  Ini Tempat Mengungsi Bila Erupsi Marapi Menjadi-jadi

Hendra dari Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan kepada Pj Wali Kota Sonny, beberapa aliran sungai dari Gunung Marapi mengarah ke aliran sungai di Kota Padang Panjang, termasuk di lokasi kejadian. Ini menimbulkan kekhawatiran dan perlu diwaspadai.

“Salah satu aliran sungai dari Marapi yang mengarah ke Padang Panjang, tepat di lokasi kejadian hari ini. Ini yang membuat jembatan di Tanjung ini putus. Kami meminta agar masyarakat tetap waspada, terutama yang tinggal dekat sungai,” ujarnya.(*/mrd)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *