Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumatera

Calon Jamaah Haji Simalungun Dapat Uang Saku dari Bupati

266
×

Calon Jamaah Haji Simalungun Dapat Uang Saku dari Bupati

Sebarkan artikel ini
Bupati memberi menyalami Calon Jemaah Haji Simalungun, sekaligus memberi tambahan uang saku untuk belanja di perjalanan.(kominfosml)
Example 468x60

SIMALUNGUN, potretkita.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar acara tepung tawari, bagi jamaah calon haji/hajjah (Calhaj), yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Acara ini ditandai dengan penyerahan balei dan bingkisan kepada jamaah secara simbolik, berlangsung di Halaman Masjid Asy Syuhada Korem 022/PT, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumatera Utara, Senin (6/5/2024).

Acara tersebut dihadiri Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati H Zonny Waldi serta Forkopimda Simalungun.

Hadir pula dalam kegiatan ini Danrem yang diwakili Letda Inf Amrul (Pa Ur Korem 022/PT), Ketua PA Nuzul Lubis, Kakan Kemenag H Ahmad Sofian, Sekda Esron Sinaga, sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun, serta perwakilan ormas Islam dan tamu undangan lainnya.

Acara tepung tawar diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Rudi Hartono, salah satu calhaj yang juga Ketua Rombongan (Karom), dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Supriadi, calhaj yang juga bertindak sebagai Karom.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun H. Ahmad Sofian diketahui, jumlah jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun yang akan berangkat pada musim haji ini sebanyak 150 orang, terdiri dari 58 pria dan 92 wanita.

Menurut jadwal, sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah, jamaah calhaj akan masuk ke Asrama Haji Medan pada 1 Juni 2024 untuk istirahat sejenak.

READ  Banjir Bandang di Talamau Hanyutkan Empat Rumah

Kemudian, jamaah calhaj dari Simalungun akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 19 bersama calhaj dari Kota Medan, yang akan bertolak ke Tanah Suci Makkah pada tanggal 2 Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Sofian juga menyebutkan beberapa informasi menarik, termasuk jamaah calhaj pria tertua yaitu Tomen bin Paimen (77 tahun) dari Kecamatan Raya, dan yang termuda Domma bin Alan (31 tahun) dari Kecamatan Gunung Maligas.

Untuk wanita, calhaj tertua adalah Tuginem binti Paimen (85 tahun) dari Kecamatan Tanah Jawa, dan yang termuda Widya Anggreini Tanjung binti Aswin Tanjung (20 tahun) dari Kecamatan Siantar.

Selain itu, disampaikan juga bahwa daftar tunggu (waiting list) haji untuk Provinsi Sumatera Utara mencapai 156.144 jamaah, dan untuk Kabupaten Simalungun sebanyak 2.967 jamaah. “Jika mendaftar hari ini, diperkirakan harus menunggu hingga 20 tahun,” kata Ahmad Sofian.

Acara tepung tawar ini menjadi bentuk dukungan dan doa restu dari Pemkab Simalungun untuk para jamaah calhaj yang akan melaksanakan ibadah haji, serta untuk memastikan perjalanan ibadah mereka berjalan lancar dan penuh berkah.

READ  Festival Tor-Tor Sedot Perhatian Generasi Muda

Bupati dalam sambutannya mengingatkan untuk tidak banyak melakukan kegiatan seremonial, saat persiapan keberangkatan ke Tanah Suci Makkah. Hal ini terkait dengan suhu di Makkah yang diperkirakan mencapai 46 derajat Celsius.

“Sebagai kepala daerah, saya sangat bangga dan terkesan atas keberangkatan para bapak ibu, yang telah berusaha dan penuh kesabaran dalam mempersiapkan perjalanan ibadah haji,” kata Bupati.

Sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga, Bupati Simalungun memberikan tambahan uang saku kepada para jamaah haji. “Ini sebagai ungkapan rasa bangga saya atas jerih payah para bapak dan ibu yang telah lama menunggu untuk keberangkatan ini,” ucap Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga berpesan agar para jamaah menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan penuh ketaatan kepada Tuhan. “Saya titipkan doa untuk pemerintah dan masyarakat Simalungun agar semua berjalan baik,” tambahnya.

Selain itu, Bupati meminta kepada para jamaah untuk turut mendoakan agar pesta demokrasi di Kabupaten Simalungun tahun ini dapat berjalan dengan baik, mengingat 2024 adalah tahun politik yang penting bagi daerah.

“Selamat sampai tujuan dan selamat kembali ke tanah air. Fokuslah pada ibadah,” ujar Bupati mengakhiri sambutannya.(kominfosml; ed. mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *