Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
DestinasiTOUR

Destinasi Favorit Wisatawan ke Pariaman Adalah Pantai

255
×

Destinasi Favorit Wisatawan ke Pariaman Adalah Pantai

Sebarkan artikel ini
Keramaian pantai di Kota Pariaman, saat digelar Pesta Hoyak Tabuik.(media center pariaman)
Example 468x60

PARIAMAN, potretkita.id – Pantai dan event menjadi destinasi yang memicu banyak orang berkunjung ke Kota Pariaman. Pantai yang jadi destinasi favorit itu adalah andoriah, Kata, Talao Pauah, dan Pantai Cermin.

Sedangkan destinasi event yang sudah amat dikenal, dan dikunjungi ratusan ribu orang setip tahun adalah Pesta Hoyak Tabuik.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi mengatakan, tingginya tingkat kunjungan wisatawan, berdampak langsung terhadap peningkatan Pendapatan Asli Derah (PAD). Pada tahun 2023, ujarnya, mencapai Rp850,58 juta.

Angka itu, naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 PAD yang terkumpul mencapai Rp235,78 juta. Pada 2024 ini, tegasnya, tentu harus ada usaha-usaha kreatif untuk meningkatkannya.

READ  Ratusan Miliar Uang Dibelanjakan Pengunjung F1H2O

Menurutnya, peningkatan pesat kunjungan wisatawan telah memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap sektor pariwisata. “Pada tahun 2023, tercatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Kota Pariaman dengan melaksanakan 26 kegiatan pariwisata sepanjang tahun tersebut,” ungkapnya.

Mengutip informasi yang dirilis Dinas Kominfo Kota Pariaman, jika dibandingkan tahun lalu, tingkat kunjungan wisatawan mencapai 2.136.782, sedangkan pada 2023 melonjak menjadi 2.237.674. Sehingga di tahun 2024, pihaknya berkomitmen untuk tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman dan ditargetkan hingga 2.287.674.

Data jumlah kunjungan wisatawan tersebut, katanya, berdasarkan hasil penjualan tiket di sejumlah objek wisata yang diterapkan retribusi masuk, serta perkiraan jumlah kunjungan di sejumlah objek wisata yang tidak diterapkan retribusi,” ungkapnya.(mckota pariaman; ed. mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *