Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITASumbar

Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan Permakanan dan Bibit Ikan

179
×

Gubernur Mahyeldi Serahkan Bantuan Permakanan dan Bibit Ikan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Buya Mahyeldi Ansharullah, saat disambut di Nagari Minangkabau.(adpsb)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Gubernur Sumatera Barat Buya H. Mahyeldi Ansharullah, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar. Ada serangkaian kegiatan dilakukannya di daerah itu.

Selain menyerahkan bantuan lima ribu bibit ikan nila dan tawas, gubernur juga menyerahkan bantuan hibah permakanan, sarana prasarana (sarpras), dan bantuan pendidikan senilai total Rp223.337.000.

Bantuan uang itu diperuntukan Panti Asuhan (PA) Hidayah Ilahi di Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung. Gubernur mengingatkan, agar hibah tersebut digunakan untuk menunjang kebutuhan pendidikan, serta makanan bergizi bagi para anak asuh.

Saat melepas bantuan bibit ikan di Nagari Minangkabau, gubernur mengatakan, pihaknya mendorong Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan, agar terus aktif dalam pembudidayaan ikan.

Hal ini diungkapkannya, saat menghadiri kegiatan Makan Bajamba dan Pelepasan Bibit Ikan di Lokasi Ikan Larangan Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Senin (12/2/2024).

Dalam acara tersebut, Gubernur menyerahkan bantuan 5.000 bibit ikan nila dan ikan tawas, untuk Pokmaswas Jorong Minang Jaya.

READ  Ribuan Guru Ikuti Seminar untuk Merawat Semangat

Bantuan bibit ikan nila dan ikan tawas, berasal dari Balai Benih UPTD BBIS Sicincin Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Sumbar, dan ditujukan bagi masyarakat yang sudah tergabung dalam Pokmaswas.

“Penyaluran bibit ini adalah bagian dari langkah pengembangan ekonomi masyarakat. Patut Pokmaswas pahami, sektor perikanan adalah salah satu pendukung utama dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat, bersama juga dengan tanaman pangan dan hortikultura. Membudidayakan ikan adalah bagian dari menjaga ketahanan pangan,” ucap Gubernur.

Menurutnya, kecukupan protein hewani sangat penting bagi penduduk, terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan dan penduduk usia produktif.

PANTI ASUHAN
Sementara itu, sebagaimana diberitakan @Humas.Sumbar, saat menyerahkan bantuan untuk panti asuhan di Lawang Mandailing, gubernur menegaskan, bantuan ini merupakan wujud kehadiran negara bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan.

Tujuannya, ujar dia, agar anak-anak di panti ini mendapatkan hak yang sama, seperti dengan anak-anak lain yang tinggal bersama orang tua masing-masing.

READ  515.778 Kendaraan Kembali ke Jabodetabek Usai Libur Akhir Tahun

Gubernur menekankan, seluruh anak memiliki hak yang sama untuk belajar agar bisa meraih prestasi dan menggapai cita-cita, sehingga tumbuh menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu, Gubernur berharap, bantuan tersebut dapat peningkatan kualitas program dan tata kelola PA Hidayah Ilahi.

“Kami dari provinsi hadir untuk menegaskan harapan bagi anak-anak kita, sehingga mereka menjadi anak-anak yang prestasi, dan secara langsung akan ikut pula meningkatkan kualitas SDM generasi masa depan bangsa,” tutur Gubernur lagi.

Buya Mahyeldi juga mengingatkan, agar bantuan yang diserahkan tersebut dikelola sebaik mungkin oleh pengelola panti asuhan.

Ada pun rincian bantuan yang diserahkan tersebut. terdiri dari bantuan permakanan senilai Rp135 juta, bantuan sarana dan prasarana dapur senilai Rp.51.337.000, serta bantuan untuk penunjang pendidikan senilai Rp37 juta.(adpsb)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *