Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KulinerTOUR

Kopi Sidikalang Punya Sejarah Kejayaan Tersendiri

281
×

Kopi Sidikalang Punya Sejarah Kejayaan Tersendiri

Sebarkan artikel ini
Kemasan salah satu produk Kopi Sidikalang.(ist)
Example 468x60

MEDAN, potretkita.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, memanfaatkan momentum Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 meningkatkan promosi daerah.

Selain memperkenalkan destinasi wisata, jajaran terkait di Sumut juga memperkenalkan produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari kota kabupaten yang ada. Kopi Sidikalang termasuk komoditas yang berhasil menyita perhatian.

Dalam dunia perkopian Nusantara, Sidikalang memang sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil kopi berkualitas tinggi. Aroma dan cita rasanya sangat menggugah selera. Penikmat kopi pasti tidak akan melupakan Kopi Sidikalang.

Tidak saja menghasilkan kopi untuk memenuhi kebutuhan Provinsi Sumatera Utara, kopi daerah ini juga sudah lama menjadi komoditas ekspor terkenal. Kopi Sidikalang mempunyai sejarah kejayaan tersendiri.

READ  Pikatan Pesona PDIKM dari Kota Padang Panjang

Berdasarkan data yang dirilis pada laman dairikab.go.id diketahui, luas tanaman Kopi Robusta di Kabupaten Dairi dengan ibukota Sidikalang itu, setidaknya mencapai lima ribu hektare, dengan produksi 3.300 ton/tahun. Sedangkan Kopi Arabika seluas sembilan ribu hekaree dengan produksi 9.500 ton/tahun.

Laman nescafe.com menyebut, Kopi Sidikalang memang merupakan salah satu jenis kopi terbaik di Indonesia.

Kopi Sidikalang memiliki kadar kafein yang cukup tinggi, yaitu 70-80 persen dengan rasa yang sangat khas. Seperti kopi nusantara lainnya, Kopi Sidikalang ini juga memiliki aroma kacang-kacangan dengan sensasi cokelat dan spicy.

Kendati juga terdapat Kopi Arabika, namun Kopi Sidikalang ini justru memiliki produk unggulan Kopi Robusta. Jenis ini memang sangat cocok untuk pecinta kopi dengan aroma yang sedang. Ciri khas Kopi Sidikalang yang robusta ini juga ada pada aftertaste-nya.

READ  Grebeg Sudiro Naik Kelas Jadi Event Nasional

Kualitas kopi Sidikalang ini memang sudah tidak diragukan lagi, sebagai salah satu kopi ternikmat di dunia dan seringkali disebut sebagai rajanya kopi robusta Sumatera.

Kelebihan Kopi Sidikalang, di antaranya aroma kopi yang wangi rempah, cita rasa kacang, coklat, pedas namun sedikit manis, kadar kafein yang rendah, dan tingkat keasaman yang rendah. Kopi Sidikalang memang luar biasa mantap.

Anda belum ke Sumatera Utara, bila belum menikmati Kopi Sidikalang.(MUSRIADI MUSANIF)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *