Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
POLITIK

Politik Nasional Berdampak terhadap Investasi

84
×

Politik Nasional Berdampak terhadap Investasi

Sebarkan artikel ini
Wagub Audy Joinaldy, memaparkan kondisi investrasi di tahun politik, pada rapat pimpinan OPD Sumbar yang juga turut dihadiri Gubernur Mahyeldi Ansharullah.(adpsb)
Example 468x60

PESSEL, potretkita.id – Perpolitikan nasional menjelang Pemilihan Umum 2024, berdampak terhadap penggalian potensi investasi.

“Sepanjang Tahun 2024, sejumlah agenda politik lokal dan nasional akan diselenggarakan, diantaranya Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia,” kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Sehingga, imbuhnya, secara psikologis akan mempengaruhi keputusan para investor untuk menanamkan modalnya.

Dugaan saya, tambah Audy, para investor akan menahan diri atau wait and see. dalam melakukan investasi sampai nantinya, kabinet pemerintahan baru terbentuk.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Provinsi Sumbar, tapi merata dirasakan setiap daerah di Indonesia, dan bahkan juga pada tingkat nasional. Namun wagub optimis, realisasi target investasi Sumbar akan tetap tercapai, jika potensi penanaman modal dari para perantau dan diaspora Minang dapat dioptimalkan.

READ  Mahfud Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Presiden

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Sumatera Barat Adib Alfikri menyatakan, saat ini layanan proses perizinan dipermudah dan promosinya juga tidak hanya difokuskan kepada investor luar negeri dan nasional, tapi pihaknya juga menfokuskan promosi kepada para perantau dan diaspora Minang melalui berbagai forum.

“Kami terus berupaya untuk semakin memperluas jangkauan promosi peluang investasi, tidak hanya kepada para pengusaha nasional dan internasional, tapi juga kepada para perantau dan diaspora Minang,” kata Adib, sebagaimana dirilis @Humas.Sumbar yang diakses dan dikutip pada Rabu (24/1) sore.

Selain itu, imbuhnya, aspek kecepatan dan kemudahan dalam pengurusan izin berusaha juga tetap menjadi fokus kita. Harapannya, tingkat investasi dan laju pertumbuhan ekonomi Sumbar dapat meningkat dari tahun ke tahun.

READ  Jal Atri Ingatkan Dahsyatnya Daya Rusak Serangan Subuh

Realisasi target investasi di Sumbar pada 2023 lalu hingga triwulan III saja jumlahnya telah mencapai Rp7,2 triliun. Jumlah tersebut menurutnya, telah lebih 28 persen dari target yang ditetapkan dalam RPJMD. Artinya secara umum, apa yang telah dilakukan pihaknya selama ini berjalan cukup efektif dan berhasil.(adpsb; ed. mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *