Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KesiswaanSEKOLAH

Siswa SMPN 8 Padang Unjuk Kebolehan

304
×

Siswa SMPN 8 Padang Unjuk Kebolehan

Sebarkan artikel ini
Dua siswa SMPN 8 Padang unjuk kebolehan menampilkan kesenian Minangkabau.(kominfo padang)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Siswa SMP Negeri 8 Padang unjuk kebolehan. Mereka menampilkan berbagai kesenian, berbasis muatan lokal (mulok) Keminangkabauan.

“Ini wujud dari Program Pemerintah Kota Padang, dalam rangka membimbing anak-anak sesuai kearifan lokal. Kita kembangkan kembali, sesuai adat istiadat dan kekayaan kesenian Minangkabau,” ujar Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (16/1/2024).

Wako mengatakan hal itu, saat memberi sambutan pada kegiatan Penampilkan Kreativitas Berkesenian Kebudayaan Minangkabau dalam Muatan Lokal Keminangkabauan, dalam upaya melestarikan berbagai bentuk permainan, kesenian, dan pertunjukan.

Terlihat dalam atraksi yang menyita perhatian itu, siswinya berbalut baju kuruang basiba, kemudian siswa lelaki mengenakan baju taluak balango. Mereka tampak antusias. Dalam penampilan tradisi basilek, misalnya, mereka tampak kompak.

READ  Sharjah Dikenal dengan Kebijakan Pendidikan Progresif

Lalu, para pandeka silek menampilkan sipak rago, yang diikuti langsung oleh Wako Hendri. Permainan tampak harmonis antara para pandeka silek yang saling menyambut bola rago.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Nurfitri, sebagaimana dirilis Dinas Kominfo setempat mengatakan, dengan kegiatan iini diharapkan kesenian Minangkabau tetap dilestarikan, sebagai permainan dan hiburan yang mengakar dari dalam diri siswa.

“Siswa SMPN 8 Padang sangat kreatif, semua berbakat dalam berkesenian. Baik menari, bernyanyi, dan permainan tradisional,” ujarnya.

Tuut hadir menyaksikan pertunjukan, di antaranya Ketua Bundo Kanduang Sumbar Puti Reno Raudha Thaib, Ketua LKAAM Padang Suardi Z. Datuak Rajo Basa, Kepala Dinas Kominfo Padang Bobby Firman, dan Camat Padang Timur Fizlan Setiawan. (kominfo pdg)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *