Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
PendidikanSEKOLAH

PBK di Tanah Datar Sediakan Lima Paket Pelatihan

98
×

PBK di Tanah Datar Sediakan Lima Paket Pelatihan

Sebarkan artikel ini
Para peserta menyimak arahan bupati pada pembukaan kegiatan.(ist)
Example 468x60

TANAH DATAR, potretkita.id – Sebanyak 80 orang warga Kabupaten Tanah Datar dapat kesempatan mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap I, di Gazebo Indojolito Batusangkar.

Ada lima paket pelatihan yang tersedia, yaitu Practical Office Advance, Service Sepeda Motor Injeksi, Asisten Pembuat Pakaian, Pembuat Kue dan Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam arahannya, saat membuka pelatihan mengatakan, kegiatan itu saja sejalan dengan program unggulan pemerintah daerah, sebagaimana termaktub di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, yakni menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja per tahun.

“Ada beberapa pelatihan terkait ketenagakerjaan yang akan mendukung Progul Pemerintahan Daerah (Pemda). Pelatihan ini, menjadi wadah bagi peserta untuk menjadi usahawan baru di bidangnya,” sebut bupati.

READ  Ada Khatam Al-Quran Gratis di Tanah Datar

Kepada semua peserta, bupati meminta agar mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga bisa mencapai tujuan kegiatan dengan baik pula. Semua ilmu yang didapat di sini, sebutnya, akan berguna sebagai bekal untuk mandiri dalam berusaha.

Kepala Sub Koordinator Produktivitas pada Balai Pelatihan Vokasi Produktivitas (BPVP) Padang diwakili Fauzan menegaskan, pihaknya berharap para peserta bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, karena di akhir program akan ada uji kompetensi.

Selain pelatihan yang digelar pada saat ini, BPVP Padang juga membuka peluang bagi masyarakat Tanah Datar yang ingin mengikuti pelatihan secara gratis.

“Dari Kementerian Tenaga Kerja RI akan ada penambahan paket pelatihan. Kami menginformasikan bagi Masyarakat Tanah Datar, yang ingin mengikuti pelatihan di BPVP Padang, kami membuka peluang untuk itu, secara gratis,” ujarnya.

READ  Ribuan Guru Ikuti Seminar untuk Merawat Semangat

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar Syofa Nofa Budianto, dalam laporannya mengatakan, tujuan pelatihan itu untuk menjadikan BLK Batusangkar sebagai lembaga pelatihan kerja yang unggul, sesuai kebutuhan industri dan tenaga kerja.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan, pemberdayaan serta uji kompetensi akan menciptakan calon-calon tenaga kerja yang kompeten, disiplin dan berdaya saing,” ujarnya. (mus)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *