Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BudayaKesiswaanSEKOLAH

SDN 20 Kalumbuak Gelar Prosesi Adat Minangkabau

233
×

SDN 20 Kalumbuak Gelar Prosesi Adat Minangkabau

Sebarkan artikel ini
Prosesi maarak bako, kegiatan Budaa Minangkabau di SDN 20 Kalumbuak.(kominfo pdg)
Example 468x60

PADANG, potretkita.id – Keluarga besar SD Negeri 20 Kalumbuak, Kota Padang, menggelar prosesi adar budaya Minangkabau; maarak bako dan makan bajamba.

Kegiatan itu merupakan bagian dari praktek Mata Pelajaran Keminangkabauan, sesuai kebijakan Walikota Padang Hendri Septa.

Wako Hendri, Selasa (6/2), saat mengikuti praktek prosesi adat di SD Negeri 20 Kalumbuak itu megatakan, muatan lokal Keminangkabauan tersebut, merupakan upaya pemerintah daerah untuk terus melestarikan dan menghidupkan kembali, nilai-nilai Minangkabau kepada generasi penerus bangsa.

“Anak didik dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah (SMP) se-Kota Padang kembali diajarkan tentang Keminangkabauan,” katanya, sebagaimana diberitakan Dinas Kominfo Kota Padang.

READ  Enam Santri Kauman Hafidz Alquran 30 Juz

Realisasi dari kebijakan pemko itu, maka setiap Selasa, peserta didik dibekali pengetahuan tentang Minangkabau. oleh guru-guru yang sebelumnya telah dilatih.

Dalam implementasinya, kata dia, para guru juga akan dipantau langsung oleh para tokoh adat (niniak mamak).

Sementara itu, Kepala SDN 20 Kalumbuk Deni Fitria mengatakan, pada Mulok Keminangkabauan pada hari itu, pihaknya menekankan pelaksanaan kegiatan Babako sesuai adat istiadat yang berlaku.

Kegiatan diawali dengan Maarak Bako dari pihak orangtua laki-laki, kemudian diarak ke rumah anak daro; dengan prosesinya maarak bako, mananti tamu dengan tari gelombang serta menyiram anak daro dengan beras kuning, serta pidato adat yang dilaksanakan oleh siswa siswi SDN 20 Kalumbuk.

READ  Warga agar Cek Instalasi Listrik di Rumah

Lalu, dilanjutkan dengan kegiatan makan bajamba dengan petatah petitih adat. Salah satu khas di Kalumbuk yakni memotong rambut yang dipotong oleh pihak bako. Kemudian bako memberikan emas, serta alas kasur.(kominfo padang)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *